:

Senin, 23 Mei 2011

Pahlawan Proteksi Radiasi Versi Nusantara

Salam Hangat Sahabat Nusantara
Semoga sahabat nusantara dalam keadaan sehat semuanya ya... (amin)

Satu lagi peristiwa sejarah yang sangat perlu untuk Sahabat Nusantara ketahui. Kata pahlawan merupakan apresiasi saya secara pribadi terhadap peristiwa tokoh sejarah dibawah ini. Dengan membaca juga merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap tokoh tersebut.  Bagaimana tidak jika sahabat malas untuk sekedar membacanya. "Gunakan proteksi sebelum terjadi"

Ketika sinar-x ditemukan, para ilmuwan tidak tahu bahwa radiasi yang dipancarkan mereka sangat berbahaya. Paparan sinar-x terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan bahkan kematian tanpa orang menyadarinya. Eksposur terhadap radiasi adalah kumulatif selama hidup Anda.

Salah satu kematian pertama yang tercatat terkait dengan x-sinar adalah seorang pria bernama Clarence Dally seorang berkebangsaan amerika yang merupakan  teknisi x-ray Thomas Edison. Pada tahun 1990, Clarence Dally mengalami kerusakan tangan dan wajahnya saat berinteraksi dengan menggunakan fluroscopy. Pada tahun 1902, salah satu lesi pada pergelangan tangannya kirinya tidak berhasil diobati dengan pencangkokan kulit ganda dan akhirnya tangan kirinya harus di amputasi. Sebuah ulcerasi ditangan kanannya mengharuskan amputasi empat jari. 

Ternyata prosedur ini gagal untuk menghentikan perkembangan karsinoma tersebut meskipun amputasi tangannya di siku dan bahu telah dilakukan  namun ia meninggal dari kanker yang telah menyebar sampai mediastinum. Setelah kematiannya banyak ilmuan melakukan penelitian ekstensif mengenai pengaruh paparan x-ray dan pemahaman tentang batas paparan yang aman. Paparan terhadap sejumlah kecil radiasi merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari semua orang.

Saat ini, paparan radiasi diukur dalam millirems (mRem). Menurut Dewan Nasional Perlindungan dan Pengukuran Radiasi  rata-rata orang di Amerika Serikat terkena sekitar 360 mRem radiasi/tahun. Negara Washington dan New York State Departemen Kesehatan mengatur paparan radiasi kerja maksimum yang aman secara keseluruhan untuk 5000 mRem/tahun.

Telah diketahui bahwa setiap bagian tubuh yang sensitif terhadap radiasi itu berbeda. Teknisi x-ray secara khusus harus terlatih untuk menentukan jumlah minimum radiasi yang diperlukan secara aman. Memiliki catatan yang akurat dengan hubungan sinar x pada diri anda adalah cara penting untuk melindungi diri dari paparan radiasi yang terlalu banyak. Manfaatkan penggunaan alat proteksi yang saat ini sudah sangat begitu memadai. Penggunaan x-ray secara tepat adalah  keperluan yang efektif di bidang kesahatan khususnya radiologi.

Pesan Penulis :
"Manfaatkan Sinarnya, Hindari Efek Negatifnya "

 
RADIOLOGI NUSANTARA Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template