:

Senin, 30 Mei 2011

Skoliosis Mengancam Tulang Belakang


Gambar 1
Vertebrae atau yang sering dikenal sebagai tulang belakang merupakan anatomi tubuh yang berfungsi sebagai penopang tubuh sehingga sahabat dapat berdiri tegak dan mampu melakukan beberapa gerakan pada tubuh. Namun apa jadinya jika tulang belakang mengalami gangguan/kelainan bentuk yang disebut scoliosis.

Kata skoliosis berasal dari bahasa yunani yaitu makna skolios "bengkok" adalah gangguan yang menyebabkan kurva abnormal dari tulang belakang (verterbrae). Secara normal bentuk kelengkungan tulang belakang terdiri dari 2 jenis  yaitu kifosis dan lordosis "Perhatikan Gambar 1". Kifosis adalah kelengkungan di mana tulang belakang membungkuk terlihat pada Thoracic sedangkan Lordosis adalah kurva di mana tulang belakang bengkok ke depan terlihat pada cervical dan lumbal.
 
Gambar 2
Orang-orang yang menderita scoliosis maka  tulang belakang  akan membentuk kelengkungan seperti huruf "C" atau "S". Keadaan ini akan terlihat lebih jelas setelah dilakukan pemeriksaan rontgenografi. "Perhatikan Gambar 2"
Scoliosis biasanya diklasifikasikan sebagai berikut :

1. Bawaan (sejak lahir)

2. Idiopatik (Tidak diketahui penyebabnya) dibagi berdasarkan usia :

  • Intantile ( anak - anak ) terjadi sejak lahir hingga berumur 3 tahun. 
  • Juvenile ( remaja ) terjadi pada umur 4 tahun hingga 10 tahun. 
  • Adolescent ( dewasa ) terjadi pada umur yang lebih 10 tahun.

3. Neuromuskuler ( masalah ketika tulang tulang belakang terbentuk dan trauma fisik)

"Lebih dari 80% orang dengan scoliosis memiliki scoliosis idiopatik dan mayoritas dari mereka adalah anak perempuan remaja. Semakin muda waktu kejadian pada anak yang struktur pembentukan tulangnya sedang berkembang maka semakin serius tingkat kesembuhannya"

Tanda-tanda yang ditimbulkan seperti :
1. Tinggi bahu yang tidak sejajar
2. Clavikula tidak segaris
3. Panjang kaki dan pinggul tidak merata
4. Tidak merata otot pada satu sisi tulang belakang
5. Menonjolnya tulang rusuk atau tulang belikat
6. Terkadang disertai sakit punggung

Saran : Jika sahabat merasakan tanda-tanda kelainan tulang belakang, segera lakukan pemeriksaan fisik ke dokter atau sahabat dapat melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan rontgenografi tulang belakang untuk melihat bentuk dan kelengkungan yang terjadi. Umumnya pengobatan skoliosis dapat dilakukan tanpa jalan operasi tergantung berat kelengkungan dan kemungkinan kelengkungan semakin memburuk pada tulang belakang. Konsultasikan masalah sahabat dengan dokter spesialis orthopedi untuk langkah selanjutnya.
 
RADIOLOGI NUSANTARA Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template